ADE
Blog Universitas Komputer Indonesia

Apa yang harus Anda lakukan jika Anda terinfeksi Covid?

Dari oksimeter, pelega tenggorokan, dan mungkin beberapa bourbon

Saya seorang dokter kanker yang berbasis di Boston dan saya telah menulis esai mingguan berbasis fakta-tanpa-salah-tidak-rumor-semua-sains-sepanjang-waktu tentang Covid-19 sejak Maret 2020.

Ayo Tes PCR

Anda dapat membaca pandangan saya tentang mengapa gejala flu Anda diuji di sini — atau tentang booster di sini — atau Anda dapat membaca tentang vaksin/anti-vaxxers sepanjang sejarah di sini

Jadi Anda mendapat email/panggilan telepon yang ditakuti: Anda terkena Covid. Mungkin Anda sama sekali tidak menunjukkan gejala, atau mungkin Anda sudah sakit. Tidak peduli apa, ini adalah saat yang sulit.

Pada dasarnya, tes positif ini berarti Anda terinfeksi dan menular (menular) dan Anda harus tinggal di rumah setidaknya selama sepuluh hari setelah tes atau gejala positif Anda.

Jika Anda divaksinasi, kemungkinan Anda tidak akan sakit parah.

Tetapi jika Anda tidak divaksinasi, tidak ada cara untuk mengetahui apa yang mungkin terjadi, dan Anda harus “bersiap untuk yang terburuk dan berharap yang terbaik.”

Jadi apa yang harus Anda lakukan secara khusus?

    a) Hubungi dokter Anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda positif dan lihat apa yang mereka katakan.

    b) Kemudian hubungi semua orang yang berhubungan dekat dengan Anda beberapa hari terakhir. Mereka perlu memperhatikan gejalanya, memakai masker di dalam ruangan, dan mungkin dites 3-5 hari setelah Anda bersama.

    c) Kemudian, siapkan diri Anda untuk mengasingkan diri dan mungkin sakit selama sepuluh hari.

Ini membantu untuk dipersiapkan sebelumnya. Cara terbaik untuk bersiap adalah dengan memiliki "Covid Kit" di rumah.

Apa itu Paket Covid? Pada dasarnya Kit Covid mencakup dua peralatan - oksimeter dan termometer - dan apa pun yang membantu Anda merasa lebih baik selama pilek.

Ketika saya sakit pilek, saya pribadi menyukai obat batuk, obat batuk, tylenol/ibuprofen/naproxen, beberapa teh herbal, sup ayam hambar, sup ayam pedas, dan langganan Netflix yang diperbarui. (Bibi Petunia akan menambahkan sedikit bourbon ke daftar ini.)

Paman Maskless, di sisi lain, adalah pemabuk NyQuil ketika dia sakit dan dia suka memiliki galon Gatorade di tangan.

Anda juga ingin aspek fisik dari isolasi Anda diketahui sebelumnya. Bawah tanah? Kamar tidurmu? Perencanaan adalah kekuatan.

Jadi pikirkan tentang pertanyaan-pertanyaan ini:

    Di mana Anda akan tidur/tinggal sehingga Anda terisolasi dari orang lain?
    Siapa yang akan membantu merawat Anda jika Anda membutuhkannya?
    Siapa yang bisa pergi ke toko untuk membeli obat-obatan atau makanan atau minuman orang tertentu?
    Bagaimana Anda akan mendapatkan makanan?
    Siapa yang bisa mengawasi anak-anak dan menjauhkan mereka dari Anda?
    Siapa yang akan membawa anak-anak untuk diuji?
    Siapa yang perlu Anda hubungi di tempat kerja? bos Anda? Kesehatan OC?
    Siapa yang perlu Anda hubungi untuk mendapatkan dukungan? Ibumu, BFF Anda, menteri Anda, teman perawat Anda dari sekolah menengah?
    Siapa yang akan memeriksa Anda beberapa kali sehari?
    Siapa yang akan tetap berhubungan dengan dokter Anda?
    Siapa yang akan membantu Anda memutuskan apakah/kapan saatnya pergi ke rumah sakit? (Ini terjadi sekitar 15% dari waktu.) Rumah sakit mana?
    Acara Netflix mana yang akan Anda tonton?

Sama seperti semua virus, istirahat, hidrasi, dan pereda gejala adalah kuncinya.

Tapi ada beberapa hal tambahan dengan Covid:

    Kami pikir akan sangat membantu untuk mencoba berbaring tengkurap (“rentan”) sebanyak mungkin untuk meningkatkan pernapasan dan tingkat oksigen, terutama jika Anda merasa sesak napas.
    Kami pikir mungkin membantu untuk berjalan di sekitar rumah mengambil napas dalam-dalam beberapa kali sehari, mencoba membuka paru-paru Anda dan mungkin mengurangi pembekuan darah.
    Kami pikir sangat penting untuk terus memeriksa oksigen Anda dengan oksimeter denyut di Kit Covid Anda. Jika mulai turun, hubungi kantor dokter Anda. Jika tetap di bawah 94 (dari 100), hubungi dokter Anda; Anda mungkin perlu pergi ke UGD.
    Memeriksa demam juga membantu tetapi yang paling penting adalah tingkat oksigen Anda.
    Apa lagi yang bisa membantu? Masih belum ada data yang jelas tentang seng, melatonin, vitamin C, Pepcid, Vitamin D. Sebagian besar masuk dalam kategori "mungkin tidak ada salahnya, mungkin bisa membantu?" kategori jadi tanyakan pada dokter Anda.
    Jika Anda adalah orang yang berisiko terkena penyakit parah (didefinisikan oleh CDC sebagai penyakit kronis tertentu (paru-paru, jantung, obesitas, diabetes, usia> 65, dll, dll), Anda harus berbicara dengan dokter Anda tentang antibodi monoklonal yang perlu diperiksa. diberikan dengan cepat dan sangat mungkin membuat Anda keluar dari rumah sakit. INI SANGAT PENTING.

Penting untuk diingat bahwa sebagian besar dari kita — sekitar 85% — mengalami Covid sebagai penyakit ringan, sedang, atau menyedihkan, dan tidak pernah harus pergi ke rumah sakit.

Tetapi ada sebagian kecil orang (~15%) yang menjadi lebih buruk, biasanya sekitar minggu kedua. Kadang-kadang ini adalah pneumonia baru tetapi juga bisa menjadi "fase kedua" dari penyakit yang bisa sangat berbahaya. Jadi hati-hati — semakin sakit sekitar Hari Ketujuh berarti HUBUNGI DOKTER ANDA atau UGD.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 22 November 21 - 14:43 WIB
Dibaca sebanyak : 168 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback